Kamis, 01 Desember 2011

PUPUK NPK SEBAGAI TAMBAHAN GIZI BAGI TANAMAN JAGUNG DAN PADI


Oleh : EKO SUKMAWANTO BASRI, S.ST
Seperti manusia tanaman memerlukan gizi yang lengkap dan seimbang. Unsure hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman dapat dipenuhi oleh unsure hara makro dan mikro unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman antar lain N, P, K, Ca, Mg, dan S sedangkan unsur mikro yang dibutuhkan dalam jumlah kecil namun tetap harus ada sebagi pelengkap pertumbuhan tanaman antara lain Fe, Zn, Mn, B, Mo, Na Cl, dan CO.
Pertumbuhan tanaman yang baik dan sampai masa panen tidak hanya tergantung dari satu unsur saja misalnya pupuk melainkan ada 7 komponen yang pelu diperhatikan agar tanaman budi daya dapat berhasil yaitu :

1.        Iklim : Tanaman tertentu sangat hanya bias tumbuh ditempat iklim mereka tumbuh
2.        Benih : Benih sangat berpengaruh dalam budi daya tanaman diusahakan mengunakan benih yang unggul dan bersertifikat
3.        Pemupukan : pemupukan berguna untuk memberikan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman budi daya sebagai sumber makanan
4.        Tanah : kesuburan tanah untuk tanaman budi daya sangat perlu sebab apabila tanah tidak subur dana asama asupan pupuk menjadi tidak berguna maka diperlukan pengolahan tanah dan pemberian kompos
5.        Topografi : dalam budi daya tanaman hendaklah memperhatikan topografi yang sesuai dengan jenis tanaman budi daya.
6.        Pengairan : peran air sangat diperlukan oleh tanaman budi daya khusus nya pada masa vegetatif dan masa primordial
7.        Pengendalian OPT : Organisme Penggangu Tanaman perlu dikendalikan agar tidak menggangu pertumbuhan tanaman budi daya dan harus dikawal sampai panen.

Dari tujuh unsur tadi terkait satu sama lain dan merupakan asatu kesatuan proses keberhasilan dalam budi daya tanaman.
 PEMUPUKAN
            Unsur hara dalam tanah habis disebabkan ikut terbawa oleh kita pada waktu panen. Untuk menambahkan unsure hara dalam tanah maka sisa hasil panen dikembalikan lagi dalam tanah dalam bentuk kompos tetapi itu tidak dapat  memenuhi kebutuhan unsur hara yang yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang cukup maka diperlukan tambahan unsur hara yang berasal dari pupuk.
Pemupukan diberikan tanaman tidak semua terserap oleh tanaman budi daya. Hal tersebut dikarenakan pengikatan oleh tanah, pencucian oleh air dan penguapan. Maka diperlukan pupuk yang dapat mengurangi hal tersebut diatas dengan mneggunakan pupuk granular yaitu pupuk berimbang NPK Pelangi dapat mengurangi pengikatan karena menggunakan DAP yang mempunyai kelarutan tinggi, mengurangi pencucian karena bersifat granular dan terlindungi oleh coating sehingga tidak mudah tercuci oleh air dan tidak cepat menguap oleh udara.
 NPK PELANGI  20 : 10 : 10
 Sumber N NPK berasal Urea super granul (USG) yang larut perlahan sehingga penyerapannya lebih efektif. Butirannya lebih besar, sehingga tidak mudah menguap, langsung menancap dalam tanah serta tidak cepat larut oleh air. Berfungsi untuk merangsang pertumbuhan secara keseluruhan, khususnya batang, cabang dan daun serta pembentukan hijau daun yang sanagat berguna dalam proses fotosintesis.
Sumber P NPK Pelangi berasal Diamonium Phospat DAP Granul yang mempunyai kelrutan P tinggi berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar, khususnya akar benih dan tanaman dan tanaman muda, membantu asimilasi dan pernafasan, serta mempercepat pembungaan, pemsakan biji dan buah.
Sumber K NPK Pelangi berasal KCL Granul yang ukuran butirannya lebih besar dan berwarna merah cerah. K berfungsi untukmemperkuat tubuh tanaman agar daun, bunga dan daun buah tidak mudah gugur, juga menjadikan tanaman lebih tahan terhadap kekerinagn dan hama penyakit
Dan unsur tambahan Filler berupa unsur unsur mikro
Ke empat unsur NPK Pelangi diblending dengan komposisi 20 : 10 : 10 dengan kandungan  20 % N : 10% P2O5 : 10% K2O
Keunggulan Pupuk NPK Pelangi 20 : 10 :10  :            
  • Pemupukan berimbang
  • Kecukupan unsur hara terpenuhi
  • Cocok untuk berbagai Jenis tanaman
  • Efektif pemupukan
  • Efesiensi Tenaga kerja
  • Peningkatan hasil produksi sampai 30 %
  • Slow release tidak mudah hanyut oleh air meresap dalam tanah
  • Pengingkatan mutu hasil
 Cara Penggunaan
 Pada tanaman padi, pupuk NPK Pelangi digunakan sebagai pupuk dan diberikan dengan cara disebar merata keseluruh permukaan tanah. Pada saat ditebar,tanah dalam keadaan macak-macak.

Pada tanaman jagung, pupuk NPK Pelangi juga dgunakan sebagi pupuk dasr fan diberikan dengan cara ditamabhakan kedalam lubang di samping benih dengan jarak 10 cm dan kedalaman 5-10 cm, kemudian ditutup dengan tanah.

Dosis dan Komposisi yang disarankan:

Tanaman
Komposisi NPK
Dosis NPK(Kg/ha)
Dosis Urea(kg/ha)
Proyeksil hasil(ton/ha)
Padi Sawah
20-10-10
250-400
100
7-13
Jagung
20-10-10
300-400
100
9-17

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika Menurut Anda Ini berguna Maka berikanlah kami Komentar yang sifatnya membangun baik itu berupa saran ataupun pertanyaan